Thursday, July 12, 2018

Tetap Tenang Dalam Menyikapi Mimisan Pada Anak


Jangan panik apabila terjadi mimisan pada si kecil Anda. Keluar darah dari hidung memang terkesan angker, tetapi umumnya hal hal yang demikian tak membahayakan. Ada langkah mudah untuk mengerjakan pertolongan pertama untuk menghentikan mimisan pada si kecil.

Mimisan yakni situasi yang bisa menimpa si kecil-si kecil, lebih-lebih di umur 3-10 tahun. Mereka memang lebih sering kali mengalami mimisan dibandingkan dengan orang dewasa. Ini sebab pembuluh darah di hidung si kecil-si kecil lebih rapuh dan mudah pecah.


Mimisan pada si kecil bisa terjadi oleh sebab akibat udara yang sungguh-sungguh kering atau berada di lingkungan yang bersuhu panas. Menghembuskan napas terlalu keras, seperti ketika membuang ingus atau mengorek hidung terlalu dalam juga bisa menyebabkan terjadinya mimisan.

Penyebab lain mimisan pada si kecil yakni benturan pada hidung atau adanya benda asing yang masuk ke dalam hidung, kelainan format hidung, infeksi, alergi, menderita gangguan pembekuan darah seperti hemofilia, dan efek samping obat-obatan tertentu. Dari segala penyebab hal yang demikian, flu dan alergi yang sering kali kumat dianggap sebagai penyebab mimisan pada si kecil yang paling umum.

Sebagian penyebab mimisan pada si kecil bisa Anda antisipasi, antara lain dengan mencegah si kecil memasukkan benda asing ke hidung, mengajari si kecil untuk tak mengembuskan napas terlalu kencang ketika membuang ingus, dan selalu mengawasinya bermain untuk mencegah hidung si kecil terbentur. Selain itu, pastikan kuku si kecil selalu dalam situasi bersih dan tak terlalu panjang, supaya dia tak melukai dirinya sendiri ketika sedang membersihkan kotoran hidung. Ajarkan kepada si kecil untuk tak terbiasa mengorek hidung. Anda juga bisa mengajarinya mengenai pentingnya menjaga keamanan diri sendiri.

Seandainya mimisan sering kali terjadi dan susah dihentikan, sebaiknya periksakan Setelah  ke dokter ahli THT untuk mencari tahu apa penyebabnya.  mendiagnosis penyebab mimisan, dokter bisa memberikan pengobatan yang pantas.

No comments:

Post a Comment

Indahnya Wisata Kawah Ijen Surganya Para Petualang

Indonesia mempunyai sejumlah liburan berupa kawah yang mempesona. Selain Kawah Putih di Bandung, Kawah Ijen dapat menjadi alternatif se...